HRWG dan Perwakilan Masyarakat Sipil Asean Akan Bahas Pengungsi Rohingya

130408_rohingyaBisnis.com 26 Mei 2015 | JAKARTA—Human Rights Working Group (HRWG) bersama perwakilan masyarakat sipil Asean akan membahas Visi Asean 2025 dari perspektif masyarakat sipil termasuk membahas soal pengungsi Rohingya.

Wakil Direktur Eksekutif HRWG, Choirul Anam mengatakan kegiatan yang akan diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, pada pukul 13.00 WIB ini akan merespons berbagai persoalan regional Asean secara serius seperti tragedi kemanusiaan a.l. pengungsi Rohingya dan menjamin perlindungan buruh migran.

Selain itu, menurutnya isu lain yang akan bersama-sama diangkat yaitu mendorong Pemerintah Asean memperhatikan pencaplokan lahan dan berbagai agenda kemanusiaan lainnya.

“Pemerintah berkomitmen akan membentuk komunitas Asean yang berorientasi dan berpusat kepada rakyat tapi di dalam proses penyusunannya, Asean kurang memberikan ruang bagi pelibatan masyarakat,” katanya, Senin (25/5/2015).

Menurutnya, di dalam pembentukan komunitas ini, pemerintah di negara Asean telah membentuk High Level Task Force (HLTF) untuk menyusun visi dan rencana kerja Komunitas ASEAN 2016-2025.

“HRWG bersama 40 perwakilan masyarakat sipil negara ASEAN akan memberi masukan terhadap pemerintah ASEAN terhadap Komunitas ASEAN,” tuturnya.

Source: Bisnis.com

hrwg
Author: hrwg

Human Rights Working Group: Indonesia's NGO Coalition for International Human Rights Advocacy

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *